Pages

Senin, 08 Juli 2013

Seorang Finalis LC ITB yang gagal SNMPTN dan SBMPTN 2013

halo sobat, hari itu sangatlah senang, aku ditakdirkan untuk lulus Beasiswa Perintis 3 LC 3013 Salman ITB, merasa aga sedikit ga enak sih karena lulus dengan instan cuman satu kali tes, padahal temen aku udah 3 kali tes pas terakhir ga lolos, aku berhasil lolos seleksi kab bandung yang hanya dipilih 2 orang, cerita berlanjut ke Cimahi, tepatnya di Pusdikif Cimahi, aku dengan orang2 pintar pastinya, dikumpulkan disana untuk mengikuti bimbingan belajar, banyak yang mengira aku lolos langsung ke ITB, padahal tidak, itu hanya bimbel aja,, disana bertemu dengan bermacam2 rumus baru, soal baru, teman baru, sahabat baru, suasana baru, pengajar yang amat aneh2 karena terlalu pintar, juga ada peserta yang mampu mengerjakan soal matematika sekitar 12 detik, menyelesaikan rubik dalam 10 detik, itulah kehidupanku selama satu bulan, pada pertengahan bimbel hasil SNMPTN pun diumumkan, ternyata aku dan banyak teman di LC itu ga lulus juga, tapi tidak sedikit yang lulus juga, bahkan ada yang masuk STEI ITB,,,
     Aku terpuruk sekali pada saat itu, apalagi mendengar temen2ku yang nilainya dibawahku pada lulus ke UPI , ke UIN,,, makin terpuruklah diriku, tapi cukup senang juga, karena dua sahabatku masuk unpad,,. meskipun ada bermacam2 hal yang tabu untuk diceritakan mengenai itu. aku gak tahu gimana penilaiannya, katanya nilai harus bagus, tapi malah yang pada bagus yang ga lulus, aneh memang,. esok harinya semua pada galau, padahal menurutku mereka lebih pantas mendapatkan SNMPTN karena kemampuan yang tidak diragukan lagi.
    Sebulan pun aku lalui di Pusdikif Cimahi, entah kenapa, sangat sedih pada saat perpisahan, malah sampai nangis, padahal pas perpisahan di sekolah ga ada sedih sedikitpun, aneh memang. Seminggu berlalu, saatnya SBMPTN, saat tes itu, aku terjangkit DBD, sangat sulit untuk berfikir, bahkan membulatkan saja aku sampai gemetaran, mungkin terlalu capek atau gimana sehingga aku sakit,.
    pada saat di sekolah aku malu sekali, katanya lulus ke ITB padahal engga, di sekolah terpampang 26 siswa yang lulus SNMPTN, dan tidak ada namku disana, semuanya pada bertanya kenapa tidak lulus???,, akupun masih bingung, kenapa tidak lulus???
    Semakin terpuruk disekolah, dengan berbagai masalah yang menerpa, sehingga mulai jauh dari Tuhan,, akupun bingung, kanapa ini bisa terjadi???, mungkinkah Allah mengujiku dengan rasa ini???, aku sangat malu jika bertemu mereka,, meskipun mereka menyemangatiku, tetap saja rasa ini tidak bisa dibohongi, aku iri pada mereka yang nilainya di bawahku bisa masuk SNMPTN,,
    Pengumuman SBMPTN pun dimulai, ternyata aku tidak lulus lagi, terpuruk da terpuruk, semua Teman LC hampir semuanya lulus SBMPTN, hanya beberapa orang yang tidak lulus sepertinya. Melihat sahabat dan teman2ku sudah terbang melewatiku, aku semakin kecewa pada diriku sendiri, mereka bisa meraih mimpi mereka dengan begitu mudahnya menurutku,,
    Kini aku hanya bisa menatap masa depan yang seolah kosong, aku hampir putus asa, kembali, seorang sahabat tetap menyemangatiku, ikhtiar aja ga cukup, sabar akan melengkapinya,, memang benar, Allah kembali mengujiku,,
    Aku harap kalian yang lulus atau belum lulus SBMPTN,, jangan menyerah, aku yakin, selalu ada jalan jika kita mau berusaha dengan sekuat tenaga,, Man Jadda Wajada.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

tetap semangat ya, terus berlatih

syifatsann mengatakan...

jadi ngerasa salah an, mangats an, sukses gak diliat dari dimana ia kuliah atau kterima snmptn/sbmptn.. bisa aja km lebih sukses dr mrk yg kterima snm/sbm. masadepan itu msh ada, tinggal percaya dan mewakilkan smw urusan k allah smbl ikhtiar jg. sukses ya tesnya

Desti Nurhayati mengatakan...

Waah, kita senasib nih... Aku gagal snmptn dan sbmptn 2013 juga. Aku pengen banget masuk fakultas kedokteran hewan ipb/ugm gara2 aku suka bgt hewan & pelajaran kimia biologi. Tapi apa daya, semua usaha yg udah aku kerjain mulai dari belajar ampe larut malam, ikut bimbel camp yg alhamdulillah di bayarin skolah, tp ternyata Allah berkehendak lain. Dan.. yahh... Sebenernya yg bikin malu dan nyesek adalah status aku di sma sbg anak BEASISWA pemda sukabumi dan ternyata aku gk lolos2 ikut ujian ptn. Jadi hampir sama nih nasib kita... orang lain mandang kita pasti bisa lolos tapi akhirnya nggak (itu bener-bener bikin malu). Terus, tes pts alhamdulillah dpt tp sbg anak beassw hrs masuk ptn (resiko anak beassw -_- ). Pokoknya kerasa banget lah tahun 2013 itu tahun cobaan banget buat aku, kalo dijumlahin aku gagal tes-tes 8 KALI lho, 4 tes ptn 4 lagi tes beassw luarnegeri. Tapi yaaa sabarlah... Mudah2an tahun 2014 kita bisa lolos nih.. berjuang lg buat apa yg dicita2kan.. semangat!!

JANNAH :) mengatakan...

kakak bilang jangan menyerah / putus asa pada kita, tapi kakak nggak semangat menata kembali mimpi2 kakak, semangat dong kak, raih semua yang kita impikan, yakin Allah akan memberi yang terbaik pada hambanya yang mau usaha di waktu yang tepat pula.. ikhtiar tawakal kak :)

Posting Komentar